Monday 10 June 2013

Menstruasi



Menstruasi atau haid mengacu kepada pengeluaran secara periodik­ darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak, walaupun mungkin faktor-faktor kesehatan lain dapat membatasi kapasitas ini. Menstruasi biasanya dimulai antara umur 10 dan 16 tahun, tergantung pada berbagai faktor, termasuk kesehatan wanita, status nutrisi, dan berat tubuh relatif terhadap tinggi tubuh. Menstruasi berlangsung kira-kira sekali sebulan sampai wanita mencapai usia 45 - 50 tahun, sekali lagi tergantung pada kesehatan dan pengaruh-pengaruh lainnya. Akhir dari kemampuan wanita untuk bermenstruasi disebut menopause dan menandai akhir dari masa-masa kehamilan seorang wanita. Panjang rata-rata daur menstruasi adalah 28 hari, namun berkisar antara 21 hingga 40 hari. Panjang daur dapat bervariasi pada satu wanita selama saat-saat yang berbeda dalam hidupnya, dan bahkan dari bulan ke bulan tergantung pada berbagai hal, termasuk kesehatan fisik, emosi, dan nutrisi wanita tersebut (Wiknjosastro, 2005)
Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulannya kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang terjadi terus menerus setiap bulannya disebut sebagai siklus menstruasi. Menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung hingga anda menopause (biasanya terjadi sekitar usia 45 – 55 tahun). Normalnya, menstruasi berlangsung selama 3 – 7 hari (Wiknjosastro, 2005)
Siklus menstruasi bervariasi pada tiap wanita, dan hampir 90% wanita memiliki siklus 25 – 35 hari dan hanya 10-15% yang memiliki panjang siklus 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus yang tidak teratur dan hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesuburan. Panjang siklus.menstruasi dihitung dari hari pertama periode menstruasi - hari dimana pendarahan dimulai disebut sebagai hari pertama yang kemudian dihitung sampai dengan hari terakhir – yaitu. 1 hari sebelum perdarahan menstruasi bulan berikutnya dimulai (Muhktar, 2003)
Beberapa wanita mengalami sebuah kondisi yang dikenal sebagai amenore, atau kegagalan bermenstruasi selama masa waktu perpanjangan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bermacam-macam faktor termasuk stres, hilang berat badan, olahraga berat secara teratur atau penyakit. Sebaliknya, beberapa wanita mengalami aliran menstruasi yang berlebihan, kondisi yang dikenal sebagai menoragi. Tidak hanya aliran darah menjadi banyak, namun dapat berlangsung lebih lama dari periode normal (Muhktar, 2003)
1.2.1. Menarche
Menarche adalah haid yang pertama kali, menarche hal yang sangat penting dalam pubertas (Sarwono, 2005).
Menarche paling sering terjadi pada usia 11 tahun tetapi bisa juga pada usia 8 atau 16 tahun. Menstruasi merupakan petanda masa reproduktif pada kehidupan seorang wanita yang dimulai dari menarche sampai terjadinya menopause. Gejala lain yang timbul beberapa bulan sebelum haid pertama datang adalah beberapa bagian tertentu lainnya dan tubuhnya akan tumbuh rambut dan dimasa ini ia akan mengalami perubahan suara. Dan ditinjau dari segi mental dan psikologisnya sudah muncul perasaan saling tertarik dengan lawan jenisnya, sudah ada perasaan terangsang bila melihat sesuatu yang menggairahkan hal ini dipengaruhi oleh hormon yaitu hormon estrogen (Anonymous, 2004).
Menstruasi adalah satu tanda bahwa seorang remaja putri akan menjadi seorang wanita. Menstruasi secara normal dimulai dalam suatu rentang umur yang lebar, hampir selalu dilalui oleh pertumbuhan payudara dan biasanya juga dengan pertumbuhan rambut seksual. Terdapat variasi yang besar dalam umur timbulnya perkembangan seks sekunder dan dalam interval diantara timbulnya menstruasi. Fakta ini ditekankan karena frekuensi dimana dokter praktek didatangi untuk berkonsultasi mengenai kegagalan seorang wanita untuk menstruasi, padahal sama sekali tidak terdapat kesalahan (Muhktar, 2003)
1.2.2. Dysmenorrhoe
Selama haid juga sebelum dan sesudahnya, pada beberapa gadis muncul perasaan tidak stabil dari segi emosionalnya, dan juga perasaan tidak nyaman atau sakit dibagian bawah pusat. Selama waktu ini mereka bisa gampang capek. Tanda – tanda tersebut sangat biasa dijumpai diantara para perempuan dan hal ini adalah normal hal ini dinamakan dysmenorrhoe (wiknjosastro, 2005)
Dismenorea atau nyeri haid mungkin merupakan suatu gejala yang paling sering menyebabkan wanita-wanita muda pergi kedokter untuk konsultasi dan pengobatan. karena gangguan itu sifatnya subjektif, berat dan intensitasnya sukar dinilai. Walaupun frekwensi Dysmenorrhoe, cukup tinggi dan penyakit ini sudah lama dikenal, namun sampai sekarang patogenesisnya belum dapat dipecahkan dengan. memuaskan (Wiknjosastro,2005)
Menurut Wiknjosastro (2005) dysmenorrhoe dibagi atas
1.    Dysmenorrhoe Primer (esensial, intrinstik, idiopatik) tidak terdapat hubungan dengan kelainan ginekologik.
2.    Dysmenorrhoe Sekunder disebabkan oleh kelainan genikologik.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo