Saturday 3 August 2013

Pengelolaan Proses Belajar Mengajar Biologi



1.  Pengertian Proses belajar Mengajar
"Belajar mengajar adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dengan guru dan antar sesama siswa dalam proses pembelajaran". Dalam hal ini pengertian interaksi mengandung unsur saling memberi dan menerima, dimana guru yang memberi pelajaran sedangkan siswa yang menerima pelajaran.  Selanjutnya dalam dijelaskan bahwa  :  
Istilah belajar sendiri berarti suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan sumber belajar. Sumber belajar ini dapat berupa buku, lingkungan (alam sekitar), guru, atau sesama teman. Sedangkan istilah mengajar dalam pengertian ini adalah menciptakan situasi yang mampu merangsang siswa untuk belajar.

Dari kutipan diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar terjadi intraksi antara guru dan siswa. Melalui proses belajar ini maka akan terjadi perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah terjadinya interaksi dan sumber belajar. Dalam hal ini guru memegang peranan yang penting, karena guru harus dapat menciptakan suasana yang dapat membangkitkan motivasi siswa sehingga mereka terangsang untuk belajar. Disamping itu guru juga harus dapat memanfaatkan sumber belajar yang tepat seperti alam sekitar dalam pembelajaran biologi, sehingga siswa tertarik dan terangsang untuk belajar biologi.
2.  Proses Belajar Mengajar Biologi
Suatu proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif bila keseluruhan komponen yang berpengaruh dalam proses belajar mengajar saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan. Hasil belajar siswa tergantung pada komponen-komponen berikut  :
a.       Siswa
Faktor diri siswa yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar adalah bakat, minat, kemampuan,dan motivasi untuk belajar. Jadi siswa merupakan masukan mentah (raw input).
b.      Kurikulum
Kurikulum ini mencakup materi atau bahan kajian yang telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.

c.       Guru
Guru bertugas membimbing dan mengarahkan cara belajar siswa agar mencapai hasil yang optimal. Besar kecilnya peranan guru akan tergantung pada tingkat penguasaan materi, metodologi, dan pendekatannya.
d.      Metode
Penggunaan metode yang tepat akan turut menentukan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
e.       Sarana dan Prasarana
Antara lain, buku pelajaran,alat pelajaran,alat praktek, ruang belajar, laboratorium dan perpustakaan.
f.       Lingkungan
Lingkungan disini mencakup lingkungan sosial, lingkungan budaya dan juga lingkungan alam, merupakan sumber belajar dan sekaligus masukan lingkungan. Pengaruh lingkungan sangat besar dalam proses belajar.
Dari komponen-komponen yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, komponen guru lebih menentukan, karena guru yang akan mengelola komponen lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil proses belajar mengajar.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo